Ketahui Berbagai Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh!

Donor darah menjadi aktivitas mulia yang bahkan bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Beberapa orang mungkin sudah terbiasa untuk melakukan donor darah dan bahkan tidak jarang beberapa dari mereka merasakan bahwa donor darah adalah sebuah aktivitas yang baik bagi tubuh. Akan tetapi, tidak dipungkiri bahwa beberapa orang yang belum terbiasa dengan donor darah, akan sedikit merasa ketakutan.

Apa Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh?

Jika Anda ingin melakukan donor darah, tetapi masih merasa takut. Mengetahui beberapa keuntungan dari proses donor darah bisa jadi memotivasi Anda. Bagi Anda yang belum tahu manfaat dari donor darah bagi kesehatan dan ingin mengetahuinya, berikut ini beberapa informasinya untuk Anda!

  • Mengurangi Risiko Kanker

Melakukan donor darah ternyata bisa menjadi salah satu aktivitas yang bisa mengimbangkan kadar zat besi dalam tubuh. Kadar zat besi yang berlebihan terkenal sebagai salah satu kondisi yang bisa membuat seseorang lebih mudah terkena kanker. Jadi, akan sangat baik bagi tubuh saat seseorang bisa menyeimbangkan kadar zat besi dengan melakukan donor darah.

Bahkan, berdasarkan penelitian yang ada, seseorang yang setidaknya melakukan donor darah 2 kali dalam satu tahun, akan memiliki kadar zat besi yang cukup stabil dalam tubuh. Dengan kondisi tersebut, seseorang akan lebih kebal dari serangan sel kanker. Jadi, tidak heran jika donor darah dianggap menjadi salah satu kondisi yang bisa mengurangi risiko seseorang untuk terkena kanker.

  • Mengetahui Kondisi Tubuh Secara Serius

Beberapa orang mungkin tidak akan berpikir sejauh itu saat akan melakukan donor darah. Akan tetapi, donor darah benar-benar bisa membantu mereka untuk mengetahui kondisi tubuh dari tes darah yang dilakukan. Ya, sebelum melakukan donor, kondisi tubuh pendonor akan diperiksa terlebih dahulu.

Pada saat pemeriksaan tersebut, tentunya akan ada pemeriksaan darah, di mana hal tersebut bisa menunjukkan apakah tubuh Anda sehat atau justru ada permasalahan serius di dalamnya. Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk melakukan donor darah.

  • Mengurangi Berat Badan

Hal ini menjadi manfaat lain dari aktivitas donor darah. Mengapa bisa demikian? Menurut penelitian, saat seseorang melakukan donor darah, ternyata mereka juga melakukan pembakaran kalori sekaligus. Jadi, bagi mereka yang selalu rutin dalam melakukan donor darah, secara tidak langsung mereka pun rutin untuk mengurangi kalori dalam tubuh, sehingga berat badan pun akan berkurang.

  • Menyehatkan Secara Psikologis

Menurut penelitian, mereka yang melakukan donor darah demi menolong seseorang akan merasa lebih bahagia dalam hidupnya. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang lebih sering melakukan donor darah cenderung memiliki umur yang lebih panjang. Jadi, tidak ada yang salah dengan mencoba melakukan donor darah, bukan?

  • Mengurangi Risiko Sakit Jantung

Salah satu hal yang bisa terjadi pada tubuh Anda saat melakukan donor darah secara rutin adalah kekentalan darah yang cenderung berkurang. Sementara itu, perlu Anda ketahui bahwa ternyata kekentalan darah bisa menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Jadi, dengan rutin melakukan donor darah, Anda juga bisa mengurangi kekentalan darah di tubuh Anda dan semakin terhindar dari penyakit jantung.

Mengapa Seseorang Tidak Bisa Donor Darah?

Mungkin Anda pernah mendengar beberapa orang yang ternyata tidak bisa melakukan donor darah. Hal tersebut memang bisa saja terjadi karena adanya beberapa faktor yang membuat tubuh atau kondisi seseorang tidak memungkinkan untuk melakukan donor. Lantas, kondisi apa saja yang membuat seseorang tidak bisa melakukan donor darah?

Yang pertama, seseorang tidak bisa melakukan donor darah saat ia sedang sakit. Meskipun sakit tersebut hanya sekedar demam atau flu, kondisi tersebut tetap bisa membuat seseorang tidak bisa donor darah. Selain itu, berat badan yang tidak mencukupi juga bisa menjadi penyebab seseorang gagal melakukan donor darah. Biasanya, seseorang hanya bisa melakukan donor darah jika berat badannya mencapai 45 hingga 50 kg.

Selain itu, kondisi tubuh lainnya yang juga bisa menyebabkan seseorang tidak bisa melakukan donor darah adalah kondisi gula darah tinggi dan juga tekanan darah tinggi. Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi akan berbahaya jika memaksakan untuk melakukan donor darah. Sementara untuk seseorang dengan kondisi gula darah yang tinggi juga tidak dianjurkan melakukan donor darah. Selain kondisi tersebut, Anda juga perlu tahu bahwa orang hamil juga dilarang untuk melakukan donor darah.

Selain kondisi yang sudah disebutkan di atas, masih banyak kondisi-kondisi lainnya yang membuat seseorang tidak bisa melakukan donor darah. Contohnya adalah kondisi seseorang yang telah melakukan tindik di bagian-bagian tertentu, seperti lidah, pusar dan juga hidung. Selain itu, seseorang yang terkenal penyakit menular seksual juga tidak diperbolehkan untuk melakukan donor darah. Demikian informasi seputar manfaat donor darah dan alasan mengapa seseorang tidak bisa donor darah.