7 Makanan Ini Cocok untuk Penderita Asam Lambung!

Bagi Anda para penderita asam lambung, tentunya Anda tahu dengan jelas bahwa rasa sakit yang Anda rasakan akanlah sangat menyiksa. Apalagi jika Anda ternyata dihadapkan pada kenyataan Anda tidak sengaja memakan makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung. Untuk itu, saat Anda sudah didiagnosis menderita asam lambung, pastikan bahwa Anda harus selalu berhati-hati untuk menjaga pola makan Anda dan kita harus ketahui manfaat donor darah.

7 Makanan yang Cocok untuk Penderita Asam Lambung

Bagi Anda yang belum terlalu tahu tentang makanan apa saja yang cocok untuk dimakan seseorang dengan masalah asam lambung, tentunya mengetahui informasi tersebut akan sangatlah berguna bagi Anda. Jadi, bagi Anda yang belum tahu tentang makanan-makanan yang baik untuk seseorang dengan asam lambung, akan lebih baik jika Anda memperhatikan daftar berikut ini!

  • Jahe

Terkenal sebagai rempah yang bisa menghasilkan kehangatan, ternyata rempah yang satu ini juga berguna untuk mengurangi asam lambung. Hal ini karena jahe memiliki kandungan anti-inflamasi yang cukup tinggi. Selain itu, jahe juga bisa mengatasi masalah pencernaan lainnya dan bisa mengobati maag. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menjadikannya sebagai minuman hangat.

  • Pisang

Buah yang satu ini dirasa cocok untuk dijadikan sebagai konsumsi untuk penderita asam lambung. Hal ini karena pisang mengandung PH sekitar 5.6 yang ternyata sangat berguna bagi kondisi asam lambung di tubuh. Selain itu, buah lainnya yang juga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah buah melon, apel dan pir.

  • Sayuran Hijau

Sayuran dan manfaatnya memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Apalagi bagi penderita asam lambung, beberapa jenis sayuran seperti kembang kol, brokoli, kentang, selada, bunci, dan juga timun merupakan sayuran-sayuran yang dianggap cocok untuk mengurangi kadar asam lambung berlebih di dalam tubuh.

  • Lidah Buaya

Bukan hanya cocok untuk perawatan kulit, ternyata lidah buaya juga sangat cocok untuk mengobati asam lambung. Anda bisa mengolahnya menjadi minuman terlebih dahulu jika Anda ingin mengonsumsi tanaman yang satu ini. Pelajari cara pengolahannya terlebih dahulu, sebelum mengonsumsi minuman lidah buaya untuk mengatasi asam lambung.

  • Oatmeal

Oatmeal merupakan sebuah makanan yang cukup kaya akan serat. Makanan yang kaya akan serat adalah makanan yang cocok bagi para penderita asam lambung, oleh karena itu, oatmeal pun cocok untuk dijadikan makanan. Dengan kandungan oatmeal yang bisa menurunkan asam lambung, maka alangkah lebih baik bagi para penderita asam lambung untuk memiliki persediaan oatmeal.

  • Roti

Tentunya, tidak sembarang roti bisa dikonsumsi oleh para penderita asam lambung. Beberapa jenis roti yang cocok untuk mereka adalah roti yang memiliki kandungan gandum dan juga biji-bijian lainnya. Roti dengan kandungan tersebut memiliki banyak nutrisi, serat yang cukup dan juga vitamin yang akan berguna bagi tubuh. Bukan hanya itu, hal tersebut juga bisa berguna bagi kondisi lambung.

  • Daging

Daging menjadi makanan ke-7 yang juga cocok untuk dikonsumsi oleh para penderita asam lambung. Akan tetapi, hanya daging tanpa lemak yang baik untuk dikonsumsi. Cara pengolahannya pun perlu diperhatikan. Akan lebih baik jika daging tanpa lemak tersebut diolah dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang. Daging tanpa lemak yang diolah dengan cara dibakar juga cocok untuk penderita asam lambung.

Nama-nama dari berbagai makanan di atas menjadi makanan yang patut untuk dicoba agar mengurangi asam lambung atau terhindar dari asam lambung naik. Selain itu, Anda juga bisa menghindari naiknya asam lambung dengan cara menjaga pola makan. Jangan sampai Anda telat makan dan membiarkan perut Anda kosong dalam waktu yang lama. Hal itu akan sangat berbahaya bagi kondisi lambung Anda.

Bukan hanya itu, jika Anda sangat menyukai makanan pedas dan bersantan, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Biasanya, makanan pedas dan bersantan menjadi salah satu pemicu asam lambung yang meningkat. Untuk itu, akan lebih baik jika tidak terlalu sering mengonsumsi makanan-makanan tersebut, apalagi jika kondisi perus sedang kosong. Jangan lupa pula untuk menghindari kopi, karena penderita maag dan juga asam lambung akan sangat sensitif dengan kopi.